Senin, 30 November 2015

Tugas Algoritma Pemrograman



Nama   : Oula Falahiyah
NIM    : 2225142301
Kelas   : III/B
Jurusan: Pendidikan Matematika


MENGANALISIS
Dalam bagian ini, saya mewawancarai narasumber yang terdiri dari satu orang guru dan satu orang siswa. Berikut data diri dan hasil wawancara narasumber:

Data Diri

Guru I
Nama: Silla Veby
Umur: 25 Tahun
Lama mengajar: 2 Tahun
Siswa I
Nama: M. Putra Alfuadi
Kelas: VIII
Kategori Siswa: Sedang


Hasil Wawancara I
Saya: Menurut Ibu, dalam hal apa yang sulit dikuasai siswa dalam pelajaran matematika?
Guru I: Hal yang sulit dikuasai siswa didalam pelajaran matematika yaitu hafalan rumus-rumus dan mengerjakan soal-soal
Saya: Apakah termasuk juga dalam materi bangun datar?
Guru I: Iya termasuk
Saya: Didalam materi bangun datar, salah satunya ada yang namanya persegi, persegi panjang, segitiga, dan lain-lain. Apakah siswa dapat membedakan gambar-gambar tersebut?
Guru I : Iya, siswa dapat membedakan gambar-gambar bangun datar
Saya: Bagaimana dengan rumus-rumus luas bangun datar? Apakah siswa langsung memahami dan menghafal semua rumus yang telah diberikan?
Guru I: Didalam rumus-rumus luas bangun datar, siswa mengalami kesulitan dalam menghafalnya tetapi langsung dapat memahami rumus-rumus yang telah diberikan
Siswa: Bagaimana dengan soal-soal yang dikerjakan oleh siswa dalam materi tersebut? Apakah siswa langsung bisa mengerjakannya?
Guru I: Siswa bisa mengerjakannya jika soal yang diberikan masih sederhana, akan tetapi masih lihat-lihat rumus karena belum dapat menghafal semua rumus-rumus tersebut.
Saya: Menurut ibu, perlukah dibuat permainan untuk media pembelajaran dalam materi luas bangun datar?
Guru I: Ya, menurut saya sangat perlu untuk membantu siswa dalam memahami dan menghafal rumus-rumus di bangun datar
Saya: Bentuk permainan yang bagaimana?
Guru I: Bentuk permainan yang sederhana dan dapat dimengerti oleh siswa agar bisa lebih memahami luas bangun datar

Hasil Wawancara II
Saya: Menurut kamu, dalam hal apa yang sulit dikuasai dalam pelajaran matematika?
Siswa I : Hal yang sulit dikuasai saya didalam pelajaran matematika yaitu  mengerjakan soal yang sulit dan hafalin rumus-rumus yang banyak
Saya: Apakah hal tersebut juga termasuk di dalam materi bangun datar?
Siswa I: Iya termasuk juga
Saya : Didalam materi bangun datar, salah satunya ada yang namanya persegi, persegi panjang, segitiga, dan lain-lain. Apakah kamu dapat membedakan gambar-gambar tersebut?
Siswa I: Iya, mudah jika hanya membedakan gambar-gambar bangun datar
Saya: Bagaimana dengan rumus-rumus luas bangun datar? Apakah kamu langsung memahami dan menghafal semua rumus yang telah diberikan?
Siswa I: Kalau rumus-rumusnya, saya mengalami kesulitan dalam menghafalnya tetapi langsung dapat memahami rumus-rumus yang telah diberikan
Saya : Bagaimana dengan soal-soal yang dikerjakan dalam materi tersebut? Apakah kamu langsung bisa mengerjakannya?
Siswa I : Saya bisa mengerjakannya kalau soal yang diberikan masih sederhana, tapi masih lihat-lihat rumus karena belum dapat menghafal semua rumus-rumus luas bangun datar
Saya: Menurut kamu, perlu atau tidak dibuat permainan untuk media pembelajaran dalam materi luas bangun datar?
Siswa I : Ya, menurut saya sangat perlu agar belajarnya lebih praktis dan langsung paham juga kalau dalam bentuk permainan
Saya: Bentuk permainan yang bagaimana?
Guru I: Bentuk permainan yang keren tapi sederhana, juga bisa langsung dimengerti oleh saya agar lebih paham

Kesimpulan
Hasil wawancara diatas dapat disimpulkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menghafal rumus-rumus yang telah diberikan juga mengerjakan soal-soal yang tingkat kesulitannya termasuk ke dalam kategori sedang dan sulit. Siswa dan guru perlu media pembelajaran dalam bentuk permainan karena lebih praktis juga dapat langsung dimengerti atau dipahami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar