Rabu, 02 Desember 2015

Solusi Untuk Mengatasi Kecemasan Matematika



Beberapa penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk mengatasi kecemasan khususnya kecemasan matematika. Beberapa ahli menggunakan teknologi pencitraan otak untuk pertama kalinya terhadap orang yang mengalami kecemasan dalam mengerjakan soal matematika, para ilmuwan telah memperoleh pengetahuan baru bagaimana beberapa siswa mampu mengatasi ketakutan mereka dan berhasil dalam matematika.
Para peneliti dari University of Chicago menemukan hubungan yang kuat antara keberhasilan dalam mengerjakan soal matematika dengan aktivitas dalam jaringan area otak di lobus frontal dan parietal yang terlibat dalam mengontrol perhatian dan mengatur reaksi emosional negatif. Respon ini muncul ketika orang kesulitan dalam memecahkan masalah matematika.
Menurut Freedman ada 10 cara untuk mengatasi kecemasan matematika (Ten Ways To Reduce Math Anxiety), yaitu:
1. Overcome negative self-talk.
2. Ask questions.
3. Consider math a foreign language — it must be practiced.
4. Don’t rely on memorization to study mathematics.
5. Read your math text.
6. Study math according to your learning style.
7. Get help the same day you don’t understand.
8. Be relaxed and comfortable while studying math.
9. ‘Talk’ mathematics.
10. Develop responsibility for your own successes and failures.
Dari uraian pendapat diatas, beberapa hal ini mungkin dapat meminimalkan kecemasan matematika, yaitu:
1.      Memberikan penjelasan rasional pada siswanya mengapa mereka harus belajar matematika;
2.      Menanamkan rasa percaya diri terhadap siswa bahwa mereka bisa belajar matematika, guru dapat memberikan latihan-latihan soal yang relatif mudah sehingga mereka bisa mengerjakan soal-soal tersebut;
3.      Menghilangkan prasangka negatif terhadap matematika, dengan cara memberikan contoh-contoh yang sederhana sampai dengan yang kompleks tentang kegunaan matematika;
4.      Membelajarkan matematika dengan berbagai metode yang bisa mengakomodir berbagai model belajar siswa;
5.      Tidak mengutamakan hafalan dalam pembelajaran matematika;
6.      Pada saat pembelajaran matematika, jadikan kelas matematika menjadi kelas yang menyenangkan dan nyaman;
7.      Pada saat bertemu dengan siswa dimanapun, jangan segan-segan untuk menyisipkan pembicaraan yang menyangkut tentang pembelajaran matematika kepada mereka;
Menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa untuk memutuskan kesuksesan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar